Saturday 26 February 2011

VRML (Virtual Reality Modeling Language)






PENGERTIAN 
VRML (virtual reality modeling language) atau sering dibaca “vermel” adalah salah satu bahasa komputer untuk membuat model objek 3 dimensi dalam dunia virtual yang VRML menggunakan prinsip OP (object oriented programmating). Tidak hanya itu, untuk mensimulasi objek yang bergerakpun dapat dilakukan dengan VRML. Walau sebelumnya diperkirakan akan mati, tapi ternyata makin banyak aplikasi lain yang mengintegrasikan dukungan format file VRML. Harus diakui masih sedikit tool authoring yang mendukung penggenerasian VRML secara GUI. Mungkin ini salah satu sebab yang membuat orang jarang memakai VRML bagi proyek multimedianya. Namun di balik itu, di bidang pendidikan ternyata banyak proyek-proyek yang memanfaatkan VRML guna melakukan animasi atau verifikasi secara visual. Ini tentu saja tidak lepas dari multifungsi VRML, yang salah satunya memudahkan presentasi lewat media internet. Selain itu kemampuan VRML versi 2.0-nya yang mendukung bahasa skrip seperti ECMAScript (skrip VRML), Javascript dan Java memegang peranan sangat penting.

PENGENALAN
Jika Anda belum mengerti apa itu VRML, mungkin singkatannya dapat memberi sedikit ide, Virtual Reality Modeling Language, di mana untuk pertama kalinya tahun 1994 VRML versi pertamanya diperkenalkan. VRML, seperti halnya HTML adalah bahasa skrip dalam format teks polos (ASCII pada versi 1.0 ataupun utf8 pada versi 2.0). Bedanya VRML digunakan untuk menggambarkan scene 3 dimensi dalam ruangan virtual. Disebut ruangan virtual karena kita seakan-akan berada dalam ruangan yang bisa melihat objek 3D dari sudut pandang yang kita inginkan, tidak dengan berjalan kaki, tapi dengan memanfaatkan interface komputer dalam berinteraksi dengan monitor, seperti contohnya dengan menggunakan mouse. Namun dalam versi pertamanya ini semua objek geometri masih statik, tidak mempunyai kemungkinan bergerak. Interaksi dinamis antara user dengan objek masih terbatas, komunikasi antara objek satu dengan lainnya juga belum dimungkinkan. Kelemahan ini segera teratasi dengan dikeluarkannya spesifikasi baru VRML 2.0 pada tahun 1996. Dengan versi baru ini, maka terbuka kemungkinan baru bagi penggunaan VRML, seperti yang banyak digunakan adalah animasi. Versi ini sekarang juga disebut dengan standar ISO VRML97 yang merupakan format file grafik 3D standar untuk aplikasi Internet maupun WWW. Secara prinsip tidak ada perbedaan antara VRML 2.0 dengan VRML97, sehingga kita akan menyebutnya VRML97, dan spesifikasi inilah yang akan digunakan sebagai referensi dalam artikel ini.
Kebanyakan VRML ini tidak digunakan sebagai satu-satunya bahasa pemrograman, melainkan dipadukan dengan tool lainnya. Salah satu contohnya adalah proyek Interactive Robot Manipulation with VRML 2.0 yang dilakukan oleh DLR (German Eurospace Center) yang memadukan VRML dengan Java3d Robots. Contoh satu lagi adalah proyek Autonome Walking di Universitas Duisburg yang menggunakan VRML sebagai visualisasi dari tools Walking Pattern Generator yang ditulis dengan bahasa C++.
Untuk sekedar diketahui, VRML adalah salah satu teknik pemrograman objek 3D interaktif di Internet disamping Java3D dan X3D di bawah bendera konsorsium Web3D.
KELEBIHAN VRML


VRML memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak digunakan untuk membuat dunia tiga dimensi. Diantaranya yaitu :
• Bahasanya mudah dan sederhana
• Cepat
• Fleksibel
• Dinamis
• Interaktif



Munculnya, popularitas, dan upgrade teknis saingan



VRML Istilah ini diciptakan oleh Dave Raggett dalam makalah disampaikan kepada Dunia Pertama Wide Web Conference pada tahun 1994, dan pertama kali dibahas pada WWW94 VRML BOF didirikan oleh Tim Berners-Lee , dimana Mark Pesce disajikan demo Labyrinth ia dikembangkan dengan tony Parisi  dan Kennard Peter .
Pada tahun 1997, versi baru dari format diselesaikan, sebagai VRML97 (juga dikenal sebagai VRML2 atau VRML 2.0), dan menjadi ISO standar. VRML97 digunakan di Internet pada beberapa homepage pribadi dan situs-situs seperti "CyberTown", yang menawarkan 3D chat menggunakan Blaxxun Software. Format ini diperjuangkan oleh SGI Cosmo Software, ketika SGI direstrukturisasi pada tahun 1998 pembagian itu dijual ke Platinum Technologies, yang kemudian diambil alih oleh Computer Associates , yang tidak mengembangkan atau mendistribusikan perangkat lunak. Untuk mengisi kekosongan berbagai format proprietary 3D Web muncul selama beberapa tahun ke depan, termasuk Microsoft Chrome dan Adobe Atmosfer , baik yang didukung saat ini. VRML's kemampuan sebagian besar tetap sama sedangkan realtime grafis 3D terus membaik. Konsorsium VRML berubah nama menjadi Konsorsium Web3D , dan mulai bekerja pada penerus untuk VRML- X3D .
SGI berlari situs web di vrml.sgi.com yang dipandu serangkaian pertunjukan pendek reguler karakter yang disebut "Floops" yang merupakan karakter VRML di dunia VRML. Floops adalah ciptaan dari sebuah perusahaan bernama "Protozoa".
H-Anim merupakan standar untuk humanoids animasi, yang berbasis di sekitar VRML, dan kemudian X3D. Versi awal dari standar 1.0 H-Anim dijadwalkan untuk diajukan pada akhir Maret 1998.
VRML memprovokasi bunga banyak tetapi tidak pernah terlihat luas menggunakan banyak serius.  Salah satu alasan untuk hal ini mungkin telah kurangnya tersedia bandwidth . Pada saat itu popularitas VRML, mayoritas pengguna, baik bisnis dan pribadi, menggunakan lambat -up akses internet dial . Ini memiliki efek samping malang memiliki pengguna menunggu waktu yang lama hanya untuk menemukan ruang, gumpal sakit-lit dengan teks terdistorsi tergantung di lokasi tampaknya acak.
eksperimentasi VRML terutama dalam pendidikan dan penelitian di mana suatu spesifikasi terbuka yang paling berharga. Sekarang telah kembali direkayasa sebagai X3D . The MPEG-4 Interaktif Profil (ISO / IEC 14496) didasarkan pada VRML (sekarang X3D), dan X3D sebagian besar mundur-kompatibel dengannya. VRML juga banyak digunakan sebagai format file untuk pertukaran model 3D, terutama dari CAD sistem.
Sebuah platform free cross-runtime pelaksanaan VRML tersedia dalam OpenVRML . Its perpustakaan dapat digunakan untuk menambahkan kedua dukungan VRML dan X3D untuk aplikasi, dan GTK + plugin tersedia untuk membuat dunia VRML/X3D di web browser.
Dalam September 17, 1998 International Computergram esai, "VRML Versus Chromeffects: Microsoft Balasan", Rachel Chalmers VRML mengkritik tajam memiliki "tidak ada integrasi dengan HTML", sedangkan " ChromEffects didasarkan pada 56 multimedia XML tag ". Dia tidak mengkritik X3D (meskipun diperpanjang dari VRML serta XML), karena X3D sudah memiliki integrasi ini. Namun, VRML selamat Chromeffects, dibatalkan pada bulan November 1998.
Pada tahun 2000-an banyak perusahaan, seperti Bitmanagement meningkatkan tingkat kualitas efek virtual dalam VRML ke tingkat kualitas DirectX 9.0c, tapi pada biaya menggunakan solusi proprietary. Semua fitur utama seperti pemodelan permainan sudah selesai. Mereka termasuk multi-pass render dengan tingkat rendah pengaturan untuk Z-buffer, BlendOp, AlphaOp, stensil , Multi-tekstur , Shader dengan HLSL dan dukungan GLSL  , realtime Render Untuk Tekstur, Multi Render Target ( MRT) dan postprocessing . Banyak demo menunjukkan bahwa VRML sudah mendukung lightmap, normalmap, SSAO, CSM dan Lingkungan Realtime Refleksi bersama dengan efek virtual lainnya.

BROWSER VRML
Sebelum kita mulai belajar menggunakan VRML-nya sendiri, ada baiknya kita tahu browser apa saja yang dapat digunakan untuk menampilkan VRML. File VRML biasanya mempunyai akhiran wrl, berasal dari world. Dalam bentuk terkompresi, akhiran ini bisa juga lain seperti wrz atau wrl.gz. Ini tidak bermasalah, sebab biasanya browser juga mendukung jenis file yang terkompresi. Untuk dapat menampilkan isi file ini, tentu saja dibutuhkan aplikasi yang bisa menginterpretasikan bahasa VRML. Dalam praktiknya, aplikasi ini sebagian besar dibuat dalam bentuk plugin yang berjalan di bawah kontrol browser seperti IE, Netscape, ataupun Opera. Situs Web www.vrml.org menyediakan banyak resource untuk VRML, termasuk browser dan plugin untuk VRML. Dalam bentuk plugin dapat disebutkan antara lain Blaxxun Contact, BlenderWeb Plugin, Cosmo Player, Viscape, dll. Biasanya plugin tersebut tidak hanya mampu untuk menampakkan VRML, melainkan juga format 3D lainnya. 
Selain dalam bentuk plugin tentu saja ada juga browser dalam bentuk aplikasi standalone. Contohnya antara lain, OpenVRML, FreeWRL, VRWeb, VRMLView dari SIM, Cortona VRML, dan sebagainya. Beberapa aplikasi komersial seperti Open Inventor dari TSG bahkan telah mendukung VRML, tidak hanya dalam level konversi antarformat file, tapi sebagai tool authoring untuk VRML. 

APLIKASI VRML
Beberapa aplikasi VRML yaitu :
1. Arsitektur : Digunakan untuk membuat bangunan mirip aslinya, di mana nda ingin menjelajahi setiap[ sudut bangunan seperti mengunjungi langsung. 
2. Bisnis : Bagi usahawan VRML adalah ajang bagus untuk membuat promosi produknya dalam 3 dimensi. 
3. Hiburan : Anda dapar berekreasi di komputer anda melalui VRML ini. 
4. Homepage : Kini sudah banyak poerusahaan menggunakan VRML untuk membuat webpage atau homepage-nya jauh menarik. 
5. Ilmu pengetahuan : Anda bisa membuat sebuah anatomi tubjuh 3D yang dapat diputar-putar, membuat struktur molekul, tata surya planet-planet , dan sebagainya. 
6. Militer : Saat ini di bidang militer VRML digunakan untuk meletakan daerah-daerah operasi militer ,yang nantinya digunakan untuk meletakkan pasukan, atau bahkan digunakan sebagai panduan untuk smart missile (peluru kendali ). 
7. Pendidikan : Bisa digunakan sebagai sarana pendidikan yang efisien. 
8. Rekayasa : VRML digunakan untuk membuat atau merekayasa suatu rancangan seperti mobil, banguann pesawat terbang. 
9. Sejarah : Semua bangunan sejarah masa lampau bisa direkayasa kembali secar 3D dengan VRML. 
10. Seni : Kita dapat membuat sebuah museum virtual yang memiliki ruang berbagai macam benda seni. 
11. Sosialisasi : VRML digunakan untuk dapat meninjau keadaan baik sekarang maupun yang akan datang. 




referensi :
 - wiki 
 - web3d.org 
 - iye-blog

No comments:

Post a Comment